Rabu, 08 Agustus 2012

Shalat Dhuha

Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu matahari sedang naik setinggi +/-7 hasta (pukul 7sampai masuk waktu shalat Dzuhur.

Shalat Dzuhur bisa dilakukan dua raka'at;empat raka'at;enam raka'at;atau delapan raka'at. Pada raka'at pertama bacaan-Nya Asy-Syamsu, raka'at kedua bacaan-Nya Adh-Dhuha, raka'at ketiga bacaan-Nya
Al-Qaffirun,raka'at keempat bacaan-Nya Al-Ikhlas,seterusnya bebas.

Niat Shalat Dhuha adalah:

اُصَلِّىْ سُنَّةَ اضُّحٰى رَڬعَتَيْنِ لِلّٰهِ تاعَا لٰى.

 اَللّٰهُ اَڬبَرُ

Ushalli sunnatadh-dhuha rak'ataini lillahi ta'ala.
Allahu akbar

Artinya:
Saya niat Shalat Dhuha dua raka'at karena Allah ta'ala.
Allahu akbar

Doa setelah melakukan Shalat Dhuha

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضّحَاٰٰٰٰٰٰٰٰٰٰء ضُحَاءُكَ وَاْلبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَاْلجَمَالَ جَمَا لُكَ وَاْلقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَاْلقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَاْلعِصْمَةَ عصْمَتُكَ.َِللّٰهُمَّ اِنْكَانَرِزْقِىفِى السَّمَاٰءِفَأَنْزِلْهُ وَاِنْكَانَفِاْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْكَانَ مُعْسِرًافَيَسِّرْهُ وَاِنْكَانَحَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْكَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّيْهُ بِحَقِّضُحَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اٰٰٰٰتِنِىْ مَاٰٰٰ اٰتَيْتَءِبَا دَكَالصَّالِحِيْنَ.

Allahumma inadh-dhuhaa'a dhuhaa'uka wal-baha'a bahaa'uka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrata qudratuka wal-'ishmata 'ishmatuka.Allahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa'anzilhu wa in kaana fil-ardhi fa akhrijhu, wa in kaana ba'iidan fa qarribu bi haqqi dhuhaa'ikawa baaha'ika wa baaha'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika aantinii maa aataita'ibaadakas-shaalihiin.

Artinya:
"Ya Allah, bahwasanya waktu Dhuha itu waktu Dhuha-Mu, kecantikan ialah kecantikan-Mu, keidahan itu keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu,kekuasaan itu kekuasaan-Mu, dan perlindungan itu perlindungan-Mu. Ya Allah,jika rezekiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah,jika haram sucikanlah,jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan,kekuasaan,kekuatan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh".






Tidak ada komentar:

Posting Komentar